Selasa, 31 Januari 2012

ulasan tentang multimedia

Multimedia adalah ilmu yang mempelajari pengolahan data yang berupa teks, suara,
gambar, baik statis maupun dinamis. Multimedia juga dapat didefinisikan sebagai
gabungan beberapa elemen. Yakni,
1. Elemen Teks
Terdiri dari huruf, nomor, dll. Aplikasi dari elemen teks adalah WORD PROCESSING.
Yang meliputi, *Microsoft word, *Notepad, dan *Office org.
2. Elemen Graphic
Terdiri dari objek yang berupa garis- garis, kotak, bulatan, shading, fill
colours. Aplikasi dari elemen ini adalah DRAW PROGRAM. Yang meliputi, *Corel draw,
*Adobe illustrator, dan * Adobe flash.
3. Elemen Image (gambar)
Terdiri dari gambar statik hasil kombinasi banyak pixel. Aplikasi elemen ini
adalah PAINT PROGRAM. Yang meliputi, * Adobe photoshop, * Scanner maching, dan *
ms. Paint.
4. Elemen Audio
Terdiri dari Sound (suara) Seperti musik player, dll. Aplikasi elemen ini adalah
RECORDING, yang meliputi * cooledit pro 2.0 Dan komponen PLAYER. yang meliputi,
*Winamp, * Jet audio, * Real player, dll.
5. Elemen Visual
Terdiri dari susunan gambar yang digerakkan. Aplikasi dari elemen ini adalah VIDEO
EDITING. Yang meliputi , * Adobe premiere, * Canopus edius, dan * Pinnacle
studios. Dan ANIMASI, yang meliputi, * Adobe after effect, * Adobe potoshop, *
Adobe Flash.
Artikel multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks,
suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link)
sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan,
Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia
pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun
secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil
perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam
sistem e-learning.
Abstract
Multimedia technology is combine computer hardware and software with electronics
technology, developing along with using most multimedia technology in aspect
activity. Multimedia CBT application is hoped will help BAPEDALDA duty to
presentation or visualization : sampling technique, procedure, laboratory tools
visualization, laboratory analyst technique which follow role of government with
understanding laboratory environment to accurate data result, than it�s can give
precise information to community who need it. This activity is cooperation
informatic division in Indonesian Institute of sciences with BAPEDALDA east java.
Intisari
Teknologi Multimedia merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik perangkat
keras maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik, perkembangan serta
pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir diseluruh aspek kegiatan.
Pada aplikasi multimedia CBT ini diharapkan akan membantu dalam tugas � tugas
Bapedalda dalam mempersentasikan atau memvisualisasikan: teknik � teknik sampling,
prosedur � prosedur, visualisai peralatan lab, teknik analisis laboratorium yang
diikuti dengan aturan pemerintah dll, serta tentang pemahaman peran laboratorium
lingkungan dalam menghasilkan data � data yang akurat, sehingga dapat memberikan
informasi yang tepat bagi masyarakat yang membutuhkannya.
Kegiatan ini merupakan kerjasama Pusat Penelitian Pengembangan Informatika dan
Ilmu Komputer (PUSLITBANG INKOM) � LIPI dengan Badan Pengendalian Dampak
Lingkungan Hidup Daerah (BAPEDALDA) - Jawa Barat
Pendahuluan
Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi
elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan
pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta
reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital, Multimedia merupakan konsep
dan teknologi dari unsur - unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan
didalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif
yang sangat inovatif antara komputer dengan user, Bila dibandingkan dengan
informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer
saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua
indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia
yang sesungguhnya (reality).
Guna lebih meningkatkan pemahaman akan peran laboratorium lingkungan dan
penguasaan materi yang berkenaan dengan laboratorium lingkungan di tingkat
pelaksana (kabupaten atau kota) seperti : jenis alat, materi, bahan, prosedur
kerja dan lain � lain diperlukan suatu media yang efektif yang dapat menyampaikan
informasi.
Salah satu media informasi yang paling elektif adalah media visualisasi multimedia
computer base training (CBT) dalam CDROM yang dijalankan diatas perangkat
komputer, dengan konsep multimedia CBT, informasi yang ditampilkan secara efektif
dan atraktif, sehingga penyerapan informasi oleh penguna menjadi lebih baik.
Dalam hal ini Bapedalda Jawa Barat memahami betapa pentingnya laboratorium
lingkungan dalam pengeloaan lingkungan terutama dalam menghasilkan data � data
yang akurat, sehingga dapat memberikan informasi yang tepat dalam pengambilan
keputusan.
Pengembangan Multimedia CBT
Dalam Pengembangan Multimedia CBT Laboratorium Lingkungan melalui tahapan �
tahapan diantaranya:
1. Penentuan tujuan pengembangan aplikasi dan persyaratan aplikasi
Tujuan dan manfaat yang dicapai dengan pengembangan Multimedia CBT laboratorium
lingkungan ini adalah :
� Meningkatkan kesadaran aparat, instansi terkait serta tentang pentingnya suatu
laboratorium lingkungan dalam mendukung kegiatan khususnya dalam hal mendapatkan
suatu validitas data;
� Tersedianya paket presentasi atraktif terpadu dari beberapa masalah yang lazim
terjadi di daerah yang pada akhirnya dapat disadari akan pentingnya �good
laboratory practice?;
� Tersedianya suatu panduan laboratorium lingkungan dalam bentuk visualisasi
elektronic yang berisikan peraturan, prosedure kerja, alat � alat laboratorium dan
pratik pengukuran terhadap paramenter yang lazim digunakan;
� Tersedianya stock foto slide yang akraktif dan cukup baik dan dapat dipergunakan
sekaligus dalam pembuatan layanan masyarakat.
2. Perancangan aplikasi/disain
3. Pembuatan storyboards (alur jalannya aplikasi multimedia)
4. Pembuatan/Pengolahan data data digital, mencakup � hal � hal seperti:
- penentuan jenis data digital yg hendak ditampilkan
- pembuatan dan pengumpulkan materi yang diperlukan
- Digitasi
- Pengolahan data digital dan konversi format data digital
5. Pemrograman aplikasi dengan menggunakan Multimedia Authoring System
6. Pengujian aplikasi
7. Distribusi aplikasi
8. Pemeliharaan aplikasi [1]
Pada tahapan � tahapan ini menghasilkan suatu aplikasi Multimedia CBT laboratorium
lingkungan yang dapat dapat dijalankan langsung dari sebuah CDROM pada perangkat
komputer berkemampuan multimedia yang memiliki karakteristik utama, meliputi
sebagai berikut :
1. Animasi logo Pemda Jawa Barat pada pembukaan
2. Data tentang laboratorium lingkungan di wilayah Jawa Barat
3. Referensi dasar hukum dari laboratorium lingkungan yang lengkap : SK.Gubernur,
Kep.Men.Lingkungan hidup
4. Video klip tentang teknik sampling air
5. Video klip yang menggambarkan beberapa proses analisa
Seperti pada gambar 1.Logo menu awal dari Multimedia CBT
----------------------------------------------------------------------------------
--------
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks,
suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link])
sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan
berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan,
Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia
pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun
secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil
perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam
sistem e-learning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar